Wajib Tahu 4 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Kendaraan listrik merupakan bagian dari perkembangan teknologi yang kembali eksis beberapa tahun belakangan. Kelebihan dan kekurangan mobil listrik, masih tetap menjadi perhatian dalam pengembangannya. Kelebihan mobil listrik banyak menjadi dasar pengembangan. Di mana kehadirannya dapat mengurangi kadar polusi yang kini semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Dalam sejarah mobil listrik, ada fakta menarik yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Teknologi mobil listrik tidak muncul baru-baru-baru ini saja. Mobil listrik ternyata sudah dikenal banyak orang sebelum kehadiran mobil dengan mesin pembakaran dalam. Bahkan mobil listrik kala itu, di era 1890an sudah menjadi kendaraan dengan rekor kecepatan dan jarak tempuh. Salah satu rekornya adalah pemecahan kecepatan 100 km/jam di tahun 1899.

Meskipun ada banyak kelebihan mobil listrik, pada 1890-an juga masih terdapat kekurangan mobil listrik, salah satunya adalah berhubungan dengan infrastruktur pengisian baterai yang sangat kurang.  

Kini, seiring dengan komitmen seluruh negara di dunia untuk ikut memperbaiki kondisi udara yang semakin memburuk, teknologi mobil listrik terus dikembangkan. Industri otomotif terus berlomba dalam inovasi mobil listrik. Semua produsen merek mobil terkemuka berlomba menghadirkan mobil listrik sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Sebelum membahas lebih jauh apa saja kelebihan dan kekurangan mobil listrik yang perlu kita ketahui sebelum membeli, mari kita ulas kembali sekilas tentang apa itu mobil listrik.

kelebihan dan kekurangan mobil listrik

Apa yang dimaksud dari mobil listrik?

Mobil listrik sudah tidak asing di masyarakat. Semua orang sudah mengetahui kehadirannya. Khususnya pada jenis HEV atau Hybrid Electric Vehicle yang merupakan salah satu jenis mobil listrik yang ada di pasaran.

Mobil listrik adalah jenis mobil yang menggunakan energi listrik sebagai sumber energi untuk menggerakkan kendaraan atau mobil. Jenis-jenis mobil listrik ini pun beragam, di antaranya ada Battery Electric Vehicle (BEV), Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). 

Untuk melihat perbedaan dari masing-masing jenis mobil listrik, Anda dapat mengunjungi ulasan tentang jenis-jenis mobil listrik. Selain mengetahui perbedaan dari masing-masing jenis mobil listrik, kita juga perlu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan mobil listrik.

Apa saja kelebihan mobil listrik?

keunggulan mobil listrik

Mobil listrik dikenal sebagai mobil ramah lingkungan. Selain ini, masih terdapat beberapa kelebihan mobil listrik lainnya, yaitu

Ramah lingkungan

Mobil listrik dikenal sebagai kendaraan ramah lingkungan. Ini karena mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang. Berbeda dengan generasi lain yang sempat menjadi saingan ketatnya, yaitu mobil mesin bahan bakar diesel atau bensin yang menghasilkan gas emisi.

Itulah mengapa mobil listrik terus dikembangkan. Karena menggunakan jenis mobil ini dapat mengurangi emisi gas buang mesin bahan bakar bensin atau diesel yang semakin memburuk kondisi udara.

Perawatan lebih minim

Komponen yang ada pada mobil listrik berbeda dengan komponen-komponen pada kendaraan biasa. Di mana kendaraan biasa memiliki banyak komponen. Tentu ini memberikan efisiensi dalam proses perawatan kendaraan.

Namun demikian, sama halnya dengan mesin biasa, kendaraan listrik juga harus dilakukan perawatan secara rutin dan berkala agar tetap nyaman dan aman.

Kabin lebih senyap

Mobil listrik dikenal sebagai kendaraan yang nyaman untuk dikendarai. Ini karena pada mobil listrik semua terasa senyap, mesin begitu halus. Berbeda dengan mobil biasa yang terdengar berisik saat mesin dinyalakan.

Mobil listrik lebih responsif

Saat kendaraan berhenti dan akan kembali melaju, biasanya akan ada jeda untuk bisa melaju dengan cepat.  Mobil listrik tidak demikian. Mobil jenis ini lebih responsif saat dikendarai dan dapat melaju dengan cepat.

Itulah beberapa kelebihan mobil listrik yang perlu diketahui sehingga bisa menambah referensi saat akan membeli kendaraan yang merupakan hasil pengembangan teknologi ini. Namun demikian, Anda juga tidak boleh lupa kalau selain kelebihan juga ada kekurangan, termasuk pada mobil listrik.

Apa saja kekurangan mobil listrik?

kelemahan mobil listrik

Selain memiliki banyak kelebihan, mobil listrik yang kini sudah banyak beredar juga memiliki beberapa kekurangan yaitu

Stasiun pengisian ulang baterai terbatas

Energi pada mobil listrik diperoleh dengan mengisi ulang baterai. Pengisian ulang inibisa dilakukan di rumah atau di tempat pengisian ulang baterai yang tersedia untuk publik. Namun yang menjadi kendala saat ini adalah ketersediaan tempat pengisian ulang baterai di tempat umum.

Meskipun produksi mobil listrik semakin besar jumlahnya, namun proses untuk memenuhi jumlah stasiun pengisian ulang baterai masih jauh dari kebutuhan.

Proses pengisian ulang lama

Memutuskan untuk memiliki mobil listrik, menjadikan Anda harus lebih disiplin untuk memiliki rutinitas baru yaitu melakukan pengisian baterai. Mengecas baterai di malam hari atau di saat tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Sehingga baterai dalam kondisi terisi penuh dan siap digunakan sewaktu-waktu.

Jika menggunakan pengisian melalui stop kontak standar yang ada di rumah, akan memakan waktu berjam-jam, mulai 4 hingga 8 jam, bahkan 12 jam. Namun jika mengisi ulang di SPKLU, bisa dilakukan lebih cepat sekitar satu jam.

Harga baterai mahal

Baterai merupakan komponen penting pada mobil listrik. Meskipun pabrik memberikan garansi hingga 8 tahun atau pemakaian 160.000 km untuk baterai, namun kita perlu mempersiapkan dana besar untuk mengganti baterai di kemudian hari.

Untuk itu, ada baiknya jika mempersiapkan tabungan khusus selagi baterai masih berfungsi optimal. Kelak jika sewaktu-waktu baterai mengalami masalah, Anda tidak perlu bingung  dengan anggaran untuk membeli baterai baru.

Perlu diketahui kalau ternyata, harga baterai mobil listrik bisa mencapai ratusan juta rupiah. Sebagai contoh, Hyundai IONIQ 5. Mengutip dari detikoto, sebagaimana disampaikan Fajar Ahya selaku Assembly Processing Engineer PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) disebutkan bahwa harga baterai Hyundai Ioniq 5 yang standard berkisar Rp 300 jutaan, kalau yang long range kira-kira Rp 400 juta.

Harga unit mahal

Harga unit kendaraan mobil listrik bisa mencapai ratusan juta rupiah. Ini tentu lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil biasa atau mobil mesin pembakaran internal untuk spesifikasi kendaraan yang sama. Misal Hyundai Motor membanderol IONIQ 5 dengan kisaran harga Rp.600 hingga 700 jutaan. 

Beberapa kekurangan dari mobil listrik ini bisa menjadi pertimbangan saat Anda akan memutuskan membeli mobil listrik. Sebaiknya Anda memperhitungkan betul-betul kemampuan keuangan sebelum memutuskan membeli.

Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Sebelum Membeli

Mobil listrik dengan berbagai kelebihannya mampu menarik minat konsumen untuk bisa memilikinya. Memiliki mobil listrik akan menjadi kebanggaan tersendiri karena dengan begitu kita ikut serta dalam mengurangi emisi gas.

Namun demikian, sebelum memutuskan untuk membeli mobil listrik ada baiknya jika Anda terlebih dahulu mencari banyak informasi. Terutama tentang kelebihan dan kekurangan mobil listrik. 

Setelah mengetahui informasi mengenai kelebihan dan kekurangan mobil listrik di atas, apakah Anda sudah memutuskan untuk memiliki mobil listrik dalam jangka waktu dekat?

Semoga informasi itu bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan. Baca dan jangan lewatkan artikel selanjutnya tentang harga mobil listrik

Referensi:

  • https://www.carmudi.co.id/journal/kelebihan-dan-kekurangan-mobil-listrik-simak-sebelum-beli/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Mobil_listrik
  • https://oto.detik.com/mobil-listrik/d-7076433/harga-baterai-mobil-listrik-yang-dijual-di-indonesia-paling-mahal-tembus-rp-500-juta.

 

28 pemikiran pada “Wajib Tahu 4 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik”

  1. Memang penting banget sih buat tahu plus minusnya sebelum beli mobil listrik. Meski kelihatan keren dan ramah lingkungan, kita harus mikir juga soal biaya, infrastruktur, dan kebutuhan sehari-hari

    Balas
  2. Aku naksir banget IONIQ 5.
    Modelnya kekinian dan kalau naik yang listrik listrik ini memang senyaman itu yaa.. bener-bener senyap dan smooth di jalan. Mobil listrik juga jago diajakin rally di jalan tol, hehehe..
    Hanya iya itu, rasanya setelah digunakan, pasti butuh perawatan yang lebih intens terutama di bagian daya alias baterai.

    Balas
  3. Kebayang kalau naik mobil listrik terus baterai habis di tengah jalan, isi datanya dimana. Kan gak ada pom bensin yang bisa ngecas mobil listrik ya.

    Balas
  4. Nah iya kelebihan kendaraan listrik ini senyap. Jadi ngga berisik, jatuhnya gak polusi suara. Cuma itu dia stasiun pengisiannya masih terbatas di Indonesia. Dan harga baterainya majal jugaaa

    Balas
  5. Akhir-akhir ini lagi booming mobil listrik ya… Efektif juga untuk mengurangi polusi udara. Tapi sayangnya stasiun pengisian ulang baterai masih terbatas dan harga baterai yang masih relatif mahal jadi masih mikir dua kali buat pindah ke mobil listrik.

    Balas
  6. Pernah kepikiran buat beli motor dan mobil listrik, tapi baru sadar kalau area tempat isi ulang baterai yang belum ada di kotaku. Jadi masih mengurungkan niat.

    Balas
  7. keuntungan punya mobil listrik ini lumayan menggoda. Tapi tetep harus diperhitungkan juga dengan kekurangan yang dimilikinya, terutama masalah lamanya proses pengisian ulang baterai, kan jadi ga efisien, ya

    Balas
  8. Tp kataku, terlalu senyap jg malah bahaya ya. Pengalamanku sih, aku tinggal di komplek gt, jd anak-anak sering main dijalan depan rumah. Dan beberapa kaki kalo kendaraan listrik gini gak kedengeran suaranya, jd kudu hati-hati bgt, gatau ada kendaraan datang kan

    Balas
  9. Salah satu pertimbangan yang masih bikin maju mundur untuk memiliki mobil listrik yang harganya cukup ramah kantong, selain juga memang dianggap sebagai kendaraan ramah lingkungan, ya karena lokasi pengisian bahan bakar yang terbatas. Belum lagi saat mengisi baterai, akan butuh waktu yang lebih panjang dibanding kendaraan konvensional, Jadi sekarang, menunggu perkembangannya saja dulu.

    Balas
  10. Meski udah ada subsidi dari pemerintah, emg harga mobil listrik hingga sepeda listrik masih mahal ya. Tp emg yg lebih repot tuh stasiun pengisian baterainya yg masih belum banyak. Jadi kita ya hanya mengandalkan pengisian dgn charger di rumah. Tagihan listrik bs membengkak ga ya? Hehe.

    Mgkn dlm 5 thn ke depan, stasiun pengisian baterai/penggantian baterai ini bakal masif kali ya.

    Balas
  11. Mobil listrik emang lebih efisien, lebih bagus, dan lebih responsif. Tapi ya itu, saat ini mobil listrik harganya masih mahal. Dibandingkan dg mobil menggunakan BBM yg harganya bervariasi dari murah hingga premium, mobil listrik gak ada yang murah.

    Balas
  12. Satu lagi yang perlu dipikirkan kalau beli mobil listrik kan isi ulangnya juga lame listrik ya. Kalau Indonesia masih pakai listrik dari batu bara kayak sama aja sih. Cuma memang minus ngga ada tambahan polusi udara aja dari gas buang kendaraan.

    Balas
  13. Waduh pak harga baterainya 300-400 juta, lah ya mending beli mobil non listrik saja. Belum harga unitnya juga mahal. İni aku punya sepeda listrik,, baru sekelas sepeda aja, mau ganti ban bingung soale jarang banget disini jual atau perbaiki ban sepeda listrik.

    Balas
  14. masyaAllah kok pas banget yaa lagi nabung2 buat beli mobil dan bingung milih antara mobil listrik atau bensin, eh muncul artikel ini. Kelebihan dan kekurangannya juga nongol lengkap di sini, thanks yo Kang

    Balas
  15. Kekurangannya ini semoga bisa ada solusi mantapnya ya, karena kan dari segi keunggulan bisa jadi kendaraan andalan yang ramah lingkungan

    Balas
  16. Jujur pengen banget beralih ke mobil listrik tapi sama sekali belum familiar dengan bagaimana cara servis dll nya… lalu untuk perjalanan pun kalau medannya berat dan lama mungkin makin banyak ya pertimbangannya terutama soal baterai.

    Balas
  17. Mobil listrik memang benar bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi polusi.

    Sayangnya, nggak kayak SPBU yang ada di mana-mana, buat ngecharge ulang mobil listrik setiap waktu kita butuh nggak bakal bisa.

    Jadi, banyak orang yang masih mikir ulang buat pindah dari mobil biasa ke mobil listrik.

    Balas
  18. Mobil listrik ke daerah saya di Cianjur Selatan sepenuhnya belum bisa maksimal digunakan secara kontur jalan di sini naik-turun, berbatu dan bergelombang.
    Pantasnya mobil listrik kan di jalanan mulus datar seperti di perkotaan.
    Kalau memaksakan di daerah saya, risikonya malah lebih besar cepat rusak dan tidak ada stasiun pengisian listriknya

    Balas
  19. Mobil listrik sudah ada sejak lama? Sayang ya, promosinya kalah oleh mobil berbahan bakar minyak. Setelah kepentok dengan kondisi udara yang memburuk, baru deh pada kepikiran dengan mobil listrik. Apapun itu produknya, pasti ada kekurangan dan kelebihan. Tapi kalau memang ini lebih ramah lingkungan, ya layak menjadi pilihan, meskipun butuh waktu untuk pengisian batre. Btw saya suka melihat mobil listrik yang bodinya mungil-mungil 😀

    Balas
  20. Mobil listrik memiliki banyak kelebihan, seperti ramah lingkungan, biaya operasional lebih murah, performa lebih baik, dan lebih tenang. Namun, mobil listrik juga memiliki beberapa kekurangan, seperti harga lebih mahal, jarak tempuh terbatas, infrastruktur pengisian daya terbatas, dan waktu pengisian daya lama.

    Balas
  21. Harganya aje gile lebih mahal ya. Saya sering nih liat mobil listrik Hyundai suaranya adem banget, halus mesinnya. Sampe-sampe nggak kedenger kalo mobilnya lagi lewat. Pengen beli sih,tapi duitnya masih kurang 599 juta !!

    Balas
  22. Noted! Jadi, sebelum beli mobil listrik, harus tau dulu kekurangan sama kelebihannya ya, Kang. Bukan juga cuma tau kalo mobil listrik itu ramah lingkungan. Pokoknya, kudu siap dana banyak buat perawatannya juga.

    Balas
  23. Nahh mau beli mobil listrik jadi mikir2 lagi karena stasiun pengisiannya juga masih jarang. Kalo ada duit mah mending mobil hybird yaaa. Yg bisa diisi bensin biasa sekaligus listrik.

    Balas
  24. Nah, waktu tahun kemarin ini seliweran mobil listrik, suami sempet kepincut sih pengen beli. Dan aku baru tahu dong kalau –> Proses pengisian ulang batere lama.
    Trims infonya nih. Aku share deh ke suami, buat pikir-pikir lagi, lebih menguntungkan ga?

    Balas

Tinggalkan komentar