Jenis-Jenis Mobil Listrik di Indonesia, Cek Nomor 1

Indonesia sebagai sebuah negara dengan populasi penduduk yang cukup besar menjadi pangsa pasar yang menjanjikan bagi semua industri, tidak terkecuali industri otomotif. Peluang ini dapat dilihat dari hadirnya jenis-jenis mobil listrik di Indonesia, di samping jenis mobil bahan bakar. 

Kehadiran mobil listrik sangat mendapat respon dari masyaraka seiring meningkatkan kesadaran masyarakat akan kepedulian terhadap lingkungan. Mobil listrik adalah mobil yang digerakkan dengan energi listrik. Mobil ini juga dikenal sebagai mobil ramah lingkungan. Ini karena dari pembakarannya tidak menghasilkan gas emisi pembuangan. 

Lantas apa saja jenis-jenis mobil listrik, dan mobil listrik merk apa saja yang bisa kita miliki di Indonesia?

jenis-jenis mobil listrik

Jenis-jenis mobil listrik di Indonesia

Jenis-jenis mobil listrik di Indonesia sama beragamnya dengan berbagai jenis mobil bahan bakar. Ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan fasilitas pendukungnya. 

Beberapa jenis mobil listrik yang sudah diproduksi berbagai industri otomotif yaitu

Battery Electric Vehicle (BEV) 

Jenis mobil listrik yang satu ini menggunakan baterai lithium-ion sebagai sumber energi penggerak utamanya. Untuk memenuhi daya atau energi listrik dapat dilakukan dengan melakukan pengisian ulang baterai baik pada stasiun pengisian maupun di rumah. 

Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Jenis mobil ini mengkombinasikan penggunaan mesin bahan bakar dan mesin listrik sebagai penggerak. Di mana, mesin bahan bakar dan mesin listrik dapat digunakan secara bergantian. 

Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) 

Secara global baik PHEV maupun HEV sebenarnya memiliki sistem yang sama. Memadukan energi dari mesin bahan bakar bensin atau diesel dan mesin listrik. 

Kedua sumber energi listrik ini daat digunakan secara bergantian. Sehingga juga menjadi lebih efisien dibandingkan menggunakan mesin bahan bakar saja. 

Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

Jenis mobil listrik Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) memiliki perbedaan yang mencolok dibanding dengan jenis-jenis mobil listrik di Indonesia lainnya. Jenis mobil listrik ini tidak menggunakan energi yang dihasilkan bahan bakar atau baterai. 

Seperti namanya, Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) ini menggunakan energi cell sebagai sumber energi. Energi ini dihasilkan dari reaksi antara oksigen dan hidrogen yang kemudian dikonversi menjadi energi. 

Itulah jenis-jenis mobil listrik di Indonesia yang perlu kita ketahui. Berbagai merek mobil di Indonesia juga sudah hadir dengan teknologi mobil listriknya. 

Mobil listrik Merk apa saja?

Perkembangan teknologi industri otomotif terus berkembang pesat. Ini terlihat dari munculnya berbagai merek mobil di Indonesia yang terus berkembang dan menghadirkan produk mobil listrik mereka di pasaran.

Mobil listrik merk apa saja yang sudah ada di pasaran? Berikut daftar merk mobil listrik di Indonesia.

The All-New Nissan Leaf

Nissan Leaf

Mobil Nissan merupakan salah satu di antara sekian banyak merek mobil di Indonesia yang mampu menarik minat konsumen. Pada 2021 lalu, Nissan melalui produknya The All New Nissan Leaf secara resmi meluncurkan produk mobil listrik pertamanya. 

Mobil listrik dengan desain dinamis ini bisa dimiliki dengan harga Rp. 691 juta. Mobil ini merupakan jenis mobil listrik dengan teknologi baterai atau Battery Electric Vehicle. 

Produk dari Nissan ini memiliki banyak keunggulan seperti mudah dilakukan pengisian ulang dan bisa dilakukan di rumah, bisa menempuh jarak maksimal hingga 311 km, garansi baterai listrik hingga 8 tahun atau 160.000 km, dan dilengkapi berbagai fitur canggih dan sistem keamanan yang menyeluruh dan dapat diandalkan. 

Hyundai IONIQ 5

Hyundai IONIQ 5

Hyundai Motor Company atau akrab dikenal dengan sebutan Hyundai merupakan perusahaan otomotif asal Korea yang memproduksi jenis-jenis mobil yang bervariasi, termasuk mobil listrik. Salah satu produk mobil listrik dari Hyundai, yaiti IONIQ 5. 

Produk keluaran Hyundai ini memiliki charging flexibility, di mana IONIQ 5 ini dilengkapi portable charger yang dapat terhubung ke stop kontak standar. 

IONIQ 5 juga dilengkapi fitur Vehicle to Load (V2L) yang menjadikan IONIQ 5 bisa menjadi sumber daya listrik untuk perangkat elektronik. 

Produk otomotif asal pabrikan Korea ini memiliki banyak fitur yang berbasis teknologi untuk memanjakan pengguna, seperti Navigation, Find My Car, Voice Command, dan masih banyak lagi. 

Mobil IONIQ 5 ini diluncurkan dengan harga on the road Rp. 681 juta. Mobil ini bisa menempuh jarak hingga 481 km. Tidak hanya itu, IONIQ 5 ini juga dilengkapi garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km. 

Tertarik dengan mobil asal korea yang fiturnya sangat kekinian? Tunggu apa lagi. 

Wuling Air EV

Wuling Air EV

Tidak mau kalah dengan kompetitornya, Wuling Motor yang memiliki pabrik di Indonesia juga meluncurkan produk mobil listriknya, Wuling Air EV. 

Wuling Air EV hadir dengan tiga pilihan tipe yaitu Lite, Standard Range, dan Long Range. Harganya juga tidak terpaut jauh yaitu Rp. 190 juta, Rp. 224 juta, dan Rp. 275 juta untuk masing-masing tipe. 

Setiap tipe sudah disematkan teknologi Wuling Indonesian Command dan Wuling Remote Control App. Teknologi ini akan memberikan pengalaman berkendara yang berbeda. 

Fitur-fitur yang disematkan pada produk otomotifnya pun juga banyak, seperti main battery dan powertrain, safety protection, dan electric mirror. 

Itulah berbagai merk mobil listrik yang ada di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan akan mobil listrik keluarga Anda. Selain beberapa merek di atas tentunya masih terdapat merek mobil listrik yang bisa didapatkan seperti dari Toyota, dan lainnya. 

Jenis-Jenis Mobil Listrik di Indonesia Memanjakan Konsumen

Jenis-jenis mobil listrik di Indonesia begitu banyak. Banyaknya pilihan mobil listrik dari berbagai merek mobil yang ada di pasaran memberikan keuntungan tersendiri bagi konsumen. 

Sebelum membeli mereka bisa melakukan survey dan melakukan pengecekan fitur-fitur yang dimiliki setiap jenis mobil listrik dari merek yang berbeda. 

Selain informasi di atas masih banyak informasi seputar dunia otomotif yang akan menjadi bahasan. Sebagai gambaran sebelum membeli mobil listrik, silakan baca artikel selanjutnya tentang Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik. 

Referensi

  • https://astraotoshop.com/article/daftar-mobil-listrik-di-indonesia
  • https://nissan.co.id/new-press/artikel/7-alasan-the-all-new-nissan-leaf-jadi-mobil-listrik-unggulan/
  • https://www.hyundai.com/id/id/find-a-car/ioniq5/specification
  • https://wuling.id/id/air-ev

 

11 pemikiran pada “Jenis-Jenis Mobil Listrik di Indonesia, Cek Nomor 1”

  1. aku baru tahu, kalau sepeda listrik itu ada juga yang bahan bakarnya bisa diisi bahan bakar, bisa juga pakai listrik. Soalnya, pemikiranku agak ribet, kalau ngechargenya gimana >hhhe. Sempet kepikiran buat punya, setelah ini bisa dipertimbangkan

    Balas
  2. Sekarang trend berkendara menunjukkan trend positif ya mas. Mobil listrik ini merupakan energi terbarukan yang bisa membantu menurunkan emisi. Lingkungan jadi lebih sehat dan jauh dari polusi

    Balas
  3. Gemes sama merk Wuling, kecil-kecil lucu amat. Apalagi beberapa kali ngeliat di jalan mobil merk ini, kok lucu sih mobilnya, cocok buat pasangan muda, nih. Semoga suatu hari bisa beli mobil listrik merk ini. Yok semangat yok Hehe

    Balas

Tinggalkan komentar