Eksklusif Jenis-Jenis Mobil Listrik, Cek Nomor 4

Jenis-jenis mobil listrik yang berada di pasaran kini semakin beragam. Konsumen bisa dengan mudah menentukan jenis mobil listrik seperti apa yang diinginkan. Hampir semua merek mobil di Indonesia mengeluarkan produk listrik. Ini menjadikan konsumen makin leluasa memilih yang sesuai dengan selera masing-masing.

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis-jenis mobil listrik, tidak ada salahnya jika bersama mencari tahu apa sebenarnya mobil listrik itu.

jenis jenis mobil listrik di Indonesia

Apa yang dimaksud dari mobil listrik?

Belakangan ini, istilah mobil listrik sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat. Semua orang sudah akrab dengan jenis mobil ini. Sebuah jenis mobil yang menarik perhatian semua orang karena teknologi yang digunakan. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari laman wikipedia, bahwa mobil listrik adalah jenis mobil yang menggunakan energi listrik yang tersimpan pada baterai sebagai sumber penggerak. Tipenya pun beragam, ada yang menggunakan energi listrik penuh, ada juga yang sebagian. Saat ini sudah ada banyak jenis-jenis mobil listrik di Indonesia yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Di antara jenis-jenis mobil di pasaran, jenis mobil listrik atau kendaraan listrik semakin banyak diminati konsumen seiring dengan kesadaran masyarakat akan perubahan iklim yang terjadi. Ini karena mobil listrik tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor sehingga lebih ramah lingkungan.

Lantas apa saja jenis-jenis mobil listrik yang ada di pasaran termasuk di Indonesia? Berikut 4 jenis mobil listrik yang diperoleh dari berbagai sumber.

Jenis-jenis mobil listrik di pasaran

Meskipun keberadaan  mobil listrik sudah banyak diketahui orang, namun tidak banyak juga yang tahu kalau jenis mobil listrik tidak hanya satu. Faktanya ada banyak jenis-jenis mobil listrik. Yuk cari tahu lebih seputar jenis-jenis mobil listrik dan  apa perbedaan masing-masing jenis ini.

Battery Electric Vehicle (BEV)

jenis-jenis mobil listrik

Battery Electric Vehicle (BEV) merupakan jenis mobil listrik di mana dalam pengoperasiannya benar-benar tidak menggunakan bahan bakar. Jenis mobil listrik ini menjadikan baterai lithium-ion sebagai sumber energi penggerak utamanya. 

Energi listrik pada baterai ini diperoleh dengan cara melakukan pengisian ulang energi melalui stasiun isi ulang baik yang ada di ranah publik maupun yang dibuat sendiri di rumah.

Selain itu, energi listrik ini juga dihasilkan dari energi yang dikumpulkan oleh sistem elektrik pada saat pengereman atau di saat kecepatan kendaraan menurun.

Mobil jenis ini benar-benar sudah terbebas dari bahan bakar baik diesel maupun bensin sehingga lebih ramah lingkungan. Ini karena jenis mobil ini tidak menghasilkan emisi gas buang layaknya mobil bahan bakar. 

Tertarik untuk memiliki jenis mobil ini? Beberapa contoh dari mobil listrik jenis BEV ini yaitu Nissan Leaf, Hyundai Ioniq, dan Wuling Air EV.

Hybrid Electric Vehicle (HEV)

 

Hybrid Electric Vehicle (HEV) adalah jenis mobil listrik yang menggabungkan mesin bensin atau diesel dengan motor listrik. Mobil listrik jenis ini lebih dikenal masyarakat dengan sebutan mobil hybrid.

Di antara jenis-jenis mobil listrik di Indonesia, jenis HEV atau hybrid ini merupakan jenis yang unik. Pasalnya pemilik kendaraan tidak membutuhkan stasiun pengisian ulang untuk mengisi daya baterai. Ini karena daya baterai mobil listrik yang habis akan terisi kembali dengan memanfaatkan energi yang dihasilkan mesin bahan bakar.

Prinsip pengisiannya, baterai akan menyimpan energi listrik saat sedang melakukan pengereman. Selain itu juga terjadi saat mesin berbahan bakar diesel atau bensin memiliki kelebihan energi dari yang dibutuhkan. .

Adapun jenis-jenis mobil listrik yang masuk dalam kategori mobil listrik hybrid ini yaitu Honda Civic Hybrid, Toyota Prius Hybrid, Toyota Camry Hybrid, dan lain-lain. 

Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Apa yang dimaksud dari mobil listrik?Di antara jenis-jenis mobil listrik di atas, juga terdapat jenis PHEV. PHEV atau Plug-in Hybrid Electric Vehicle ini memadukan energi dari baterai mesin bahan bakar bensin atau diesel dan mesin listrik. Mobil jenis ini juga memiliki efisiensi bahan bakar lebih tinggi dibandingkan jenis HEV.

Mobil listrik jenis Plug-in Hybrid Electric Vehicle sama halnya dengan mobil Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang dapat menggunakan kedua sumber energi secara bergantian atau bersamaan untuk menggerakkan kendaraan.

Meskipun memiliki banyak kesamaan, namun ada satu komponen yang membedakan antara keduanya. Di mana pada PHEV ini terdapat komponen yang menjadi konektor ke sumber listrik sehingga bisa memberikan manfaat lain. Mengutip dari lama nissan dijelaskan bahwa sumber energi mobil PHEV ini bisa difungsikan juga dalam keadaan darurat.

Jenis mobil PHEV ini dapat dioperasikan dalam dua mode yaitu

  • All-electric mode yaitu mode yang sepenuhnya menggunakan sumber listrik sebagai sumber penggerak mobil.
  • Hybrid mode yaitu mode di mana mobil menggunakan listrik dan bensin atau diesel sebagai energi untuk menggerakan mobil. 

Beberapa  contoh mobil listrik jenis PHEV yang ada di pasaran yaitu Mitsubishi Outlander PHEV, BMW i8, dan Toyota C-HR.

Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

Di antara jenis-jenis mobil listrik di atas, kedepan juga akan terdapat jenis lain yaitu jenis Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Jenis mobil listrik FCEV menjadi yang paling berbeda dari yang lainnya. Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) adalah jenis mobil listrik yang tidak menggunakan energi yang dihasilkan dari bahan bakar dan baterai. Kendaraan yang dikenal dengan emisi nol ini mendapatkan energi cell.

Dalam proses kerjanya, energi yang dihasilkan merupakan hasil dari reaksi kimia hidrogen dan oksigen yang dikonversi menjadi energi. Di mana kemudian energi yang dihasilkan menjadi sumber energi untuk menggerakkan mobil atau kendaraan listrik. 

Contoh jenis mobil listrik FCEV yang  beredar di luar yaitu adalah Toyota Mirai, Hyundai Tucson FCEV, dan Honda Clarity Fuel Cell.

Itulah jenis-jenis mobil listrik yang perlu diketahui di saat Anda akan membeli mobil listrik. Pastikan untuk memilih jenis mobil listrik yang sesuai dengan kebutuhan serta memiliki dukungan teknologi yang tepat sesuai dengan medan penggunaan.

Pilih Jenis Mobil Listrik Sesuai Kebutuhan

Perkembangan mobil listrik dengan berbagai inovasinya semakin dikenal oleh masyarakat. Namun demikian, di antara sekian banyak orang, tidak semua tahu jika mobil listrik di pasaran ada beragam. Akibatnya, akan merasa bingung saat akan membeli sebuah mobil listrik.

Jenis-jenis mobil listrik di pasaran yang harus Anda ketahui yaitu Battery Electric Vehicle (BEV), Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), Masing-masing jenis memiliki keunggulan masing-masing yang perlu Anda pahami sebelum membeli.

Tertarik untuk membeli salah satu di antara jenis-jenis mobil listrik di atas? Simak ulasan jenis-jenis mobil listrik di Indonesia dari berbagai merek mobil yang ada menambah referensi sebelum membeli.

Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Mobil_listrik
  • https://nissan.co.id/new-press/artikel/4-jenis-mobil-listrik-yang-ada-di-pasaran-manakah-pilihan-anda/
  • https://www.gooto.com/read/1863902/memahami-perbedaan-4-jenis-mobil-listrik-di-indonesia

12 pemikiran pada “Eksklusif Jenis-Jenis Mobil Listrik, Cek Nomor 4”

  1. Banyak juga ya jenis-jenis mobil listrik yang sudah ada di Indonesia. Produknya oke sih ya ramah lingkungan, tapi masih mikir dua kali buat beralih ke mobil listrik, takut kehabisan listrik dijalan sedangkan masih jarang ya tempat pengisian listrik jika dibandingkan dengan bbm yang banyak tersedia. Selain itu, harga batrenya juga agak lumayan mahal gak sih kang?

    Balas
  2. Pernah da[at info kalau mobil listrik itu yang mahal sewa batterainya ya, belum cari info lagi sih
    sekarang lebih mudah ya jika memilih menggunakan mobil listrik, secara di beberapa rest area menyediakan charger untuk batterai mobil listrik

    Balas
  3. Mobil listrik bisa jadi solusi untuk kita semua. Jadi nggak perlu ya repot-repot beli bensin ya, tinggal charger aja. Tapi mungkin setiap mobil membutuhkan daya charge yang berbeda-beda ya.

    Balas
  4. Aman nggak sih pak menggunakan mobil listrik ini di jalan raya? Kok aku mikirnya malah mirip sepeda listrik, hehe. Terus gimana untuk daya listrik dan jarak tempuhnya. Penasaran juga sih naik mobil listrik gimana, hehe.

    Balas

Tinggalkan komentar