Cek! Jenis-Jenis Mobil di Pasaran

Jenis-jenis mobil dalam dunia otomotif terus berkembang dari waktu ke waktu sesuai dengan tuntutan konsumen. Pada mulanya mobil hanya ada dua jenis berdasarkan kegunaannya yaitu mobil penumpang dan mobil barang. 

Mobil penumpang sendiri dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan perkembangan industri otomotif. Kita sebagai pengguna tentunya juga harus tahu tentang macam-macam mobil yang ada di pasaran. Kelak saat akan membeli mobil untuk keluarga atau pun untuk kebutuhan kantor kita bisa dengan mudah memilihnya.

Memiliki informasi dan pengetahuan tentang jenis mobil akan memudahkan saat hendak membelinya. Kita tinggal memilih jenisnya sesuai dengan merk mobil yang menjadi favorit kita. mendapatkan mobil yang diinginkan sesuai dengan merk mobil yang kita sukai.

jenis mobil apa saja?

Jenis mobil apa saja?

Dunia otomotif terus berkembang pesat. Inovasi yang dilakukan melahirkan banyak jenis mobil yang hadir di pasaran. Beberapa jenis mobil yang ada di pasaran yaitu mobil penumpang, mobil barang, dan mobil pengangkut lainnya seperti truk untuk mengangkut berbagai jenis alat berat.

Jenis-Jenis Mobil

Ada banyak jenis-jenis mobil penumpang yang ada di pasaran. Semuanya memiliki penggemarnya sendiri. Bahkan setiap penggemarnya sudah membentuk komunitas sesuai dengan jenis mobil yang dimiliki.

Lantas apa saja jenis-jenis mobil yang ada di market yang perlu kita ketahui? Berikut ulasannya.

Mobil SUV

jenis-jenis mobil

Jenis mobil pertama yang akan dibahas adalah SUV. SUV merupakan singkatan dari Sport Utility Vehicle. Seperti namanya yang mengandung kata sport, jenis mobil SUV adalah termasuk jenis mobil sport. 

Kita semua pasti tahu bagaimana rancangan dari mobil sport yang banyak beredar di pasaran. Mobil jenis ini umumnya memiliki desain yang gagah, kuat, tangguh, dan dapat digunakan di segala medan. Ini tidak hanya didukung dengan mesin yang siap untuk segala medan, namun juga bagian lain seperti body dan system chasisnya. 

Mobil ini memadukan desain mobil jeep dengan sedan yang dirancang sedemikian rupa. Contoh jenis mobil SUV yaitu Honda HR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Toyota Fortuner, dan Suzuki Ignis.

Mobil MPV

jenis mobil penumpang

Jenis-jenis mobil penumpang berikutnya adalah MPV (Multi Purpose Vehicle). Mobil MPV adalah mobil yang fungsinya dirancang untuk mobil keluarga. Mobil jenis ini memiliki interior yang luas, dan bisa memuat 6 sampai 8 penumpang. Selain kondisi ruang yang luas, mobil jenis MPV juga memiliki bagasi yang cukup luas, sehingga bisa memuat banyak bawaan.

Mobil jenis MPV biasanya memiliki body yang besar namun roda-rodanya adalah roda yang standar. Berbeda dengan mobil SUV yang memiliki ban yang juga besar.

Sebagai mobil keluarga jenis mobil ini biasanya juga dilengkapi dengan aksesoris tambahan seperti LCD untuk hiburan sehingga tidak bosan saat dalam perjalanan.  Beberapa contoh jenis mobil MPV di pasaran yaitu Toyota Avanza, Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Toyota Sienta.

Mobil Crossover

jenis mobil penumpang

Mobil jenis Crossover adalah mobil yang hadir untuk memenuhi ekspektasi masyarakat dalam berkendara dengan dinamis dan mudah di medan yang sempit. Mobil ini merupakan perpaduan rancangan dari mobil SUV dan hatchback.

Untuk rancangan SUV sendiri, Crossover mengadopsi ground clearance yang lebih tinggi sehingga mudah digunakan saat melintasi jalanan bergelombang. yang memberikan. 

Untuk kenyamanan saat digunakan di jalanan sempit mengadopsi rancangan mobil jenis hatchback. Tidak hanya itu, untuk efisiensi bahan bakar, dan kenyamanan berkendara, kendaraan jenis ini mengambil element sedan.

Bagi Anda yang suka kendaraan yang praktis namun juga stylish, kendaraan jenis crossover ini bisa menjadi pilihan untuk mendukung mobilitas.

Contoh jenis mobil crossover yatu Xpander Cross, Chevrolet Trax, Nissan Juke dan Mazda CX-3.

Mobil Hatchback

macam-macam mobil

Mobil Hatchback ini merupakan mobil yang sempat mengalami masa kejayaan pada beberapa waktu silam. Kehadirannya dengan desain yang minimalis namun stylish menjadikan mobil ini menjadi favorit anak muda.

Tampilannya yang sederhana dengan aerodinamis yang bagus, membuat mobil ini dapat digunakan baik di perkotaan maupun pedesaan. Namun demikian, saat melintasi jalanan berelombang maupun berlubang, harus berhati-hati karena jarak bagian bawah kendaraan ke tanah tidak terlalu tinggi.

Memilih mobil ini cocok untuk pasangan baru atau keluarga kecil dengan jumlah keluarga tidak banyak. Ini karena ukurannya yang kecil sehingga memiliki keterbatasan jumlah penumpang.

Beberapa contoh mobil jenis ini yang sering dijumpai yaitu Honda Brio, Suzuki Baleno Hatchback, Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda 2, dan Honda Civic.

Mobil Sedan

jenis mobil penumpang

Bagi pengendara mobil sedan pastinya memiliki pengalaman mengendarai yang berbeda dibandingkan jenis mobil lain. Mobil sedan dikenal sebagai mobil yang mengutamakan kestabilan dan kenyamanan saat digunakan. 

Mobil ini memiliki bagasi yang terpisah dengan ruang penumpang, Bagasi cukup luas biasanya terletak dibagian belakang ruang penumpang. 

Selain nyaman digunakan untuk santai, mobil sedan juga seringkali digunakan untuk mobil balap dengan melakukan modifikasi pada bagian tertentu. Tidak hanya, itu mobil jenis ini juga banyak digunakan sebagai kendaraan resmi, salah satunya untuk kendaraan pertemuan resmi.

Beberapa jenis mobil yang masuk dalam kategori ini adalah Honda Civic Turbo, Toyota Corolla Altis, Toyota Vios, Toyota Camry dan Mazda 6. 

Kesimpulan Jenis-Jenis Mobil Perlu Diketahui

Mobil sebagai alat transportasi terus berkembang dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, mobil penumpang. Dulu kita hanya mengenal mobil jenis sedan dan minibus. Namun kemudian terus berkembang menjadi banyak jenis. Jenis-jenis mobil yang ada di pasaran yaitu mobil SUV, MPV, Crossover, Hatchback, dan sedan. 

Semoga informasi tentang berbagai jenis mobil ini bisa menjadi informasi yang memudahkan saat hendak membeli mobil untuk keluarga maupun untuk tujuan lainnya.

Referensi:

 

6 pemikiran pada “Cek! Jenis-Jenis Mobil di Pasaran”

Tinggalkan komentar